Laporan Kunjungan Wisata XI MM

Hari Selasa 1 Mei 2012
 Bedugul
Hari pertama sesampainya kita berada di Bali kita langsung menuju tempat wisata Bedegul, kita disana melihat pemandangan danau dan bukit yang sangat indah sambil berfoto-foto, Bedugul sendiri Merupakan salah satu tempat/objek wisata Bali yang menawarkan keindahan alam pegunungan dan danau. Tempatnya yang tinggi membuat daerah ini selalu diselimuti kabut dan berhawa dingin. Daerah Bedugul adalah bagian dari kabupaten Tabanan dan berjarak kurang lebih 70 km atau 2,5 jam dari Bandara Internasional (Airport) Ngurah Rai.

 Oleh-oleh Khas Bali (JOGER)
Setelah kita mengunjungi tempat wisata Danau dan Pegunungan Bedugul kita melanjutkan perjalanan kita selama kurang lebih 45 menit untuk sampai di JOGER. Sesampainya kita di joger sebelum masuk, kita dicek oleh security disana objek pembelanjaan yang sangat luas yang berada di Bali, joger hanya berada di Bali, Kalau di Jogya ada Dagadu, Joger adalah tempat kamu untuk membeli oleh-oleh atau buat dipakai sendiri, seperti kaos, sendal, tas dan barang-barang lainnya. Toko Joger berada di Jl. Raya Kuta Denpasar Bali. Harga tersedia variasi, misal untuk kaos ada yang di bandrol dengan murah, sedang dan cukup mahal. Sudah tentu berhubungan dengan kualitas bahan yang memperngaruhi harga produk (kaos dengan beragam jenis bahan kain). Keunikan dari Joger adalah didalam merangkai kata-kata menjadi kalimat yang menarik untuk di letakan sebagai tulisan di kaos bahkan juga di tas. Kalimat yang unik dan lucu inilah yang membuat cirikhas dari produk Joger. Bagi kamu yang berkunjung ke Bali lalu bingung ingin membeli oleh-oleh apa, bisa kunjungi Toko Joger ini, bisa-bisa kamu berbelanja lupa diri. Oya diseberang Toko Joger ada yang jual durian, bila kamu menunggu rekanmu berbelanja terlalu lama, kamu bisa makan durian yang enak disana.
Hari Rabu 2 Mei 2012
 Dreamland
Pada hari kedua setelah kita beristirahat di Hotel Batukaru 2, kita melanjutkan wisata kita yang selanjutnya ke Dreamland, kita harus menempuh waktu kira-kira sekitar 1 jam dari Hotel. Sesampainya kita di objek wisata dreamland, pemandangannya sangat Indah begitu juga pantainya serasa kaya di alam mimpi yang begitu biru lautnya tan masih terjaga, Kita di sana bisa berfoto – foto namun saying kita baru di sana beberapa menit kita langsung disuruh ke tempat objek lain padahal kami dating terlambat kenapa harus disamain yang sudah dating terlebih dahulu tidak adil, padahal kita tidak bisa menemui pantai kaya Dreamland. Dreamland berada di Desa Pecatu, Kabupaten Badung, yang terletak di bagian selatan Pulau Bali
 GWK (Patung Terbesar Di Dunia)
Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan menuju ke GWK, kita kira – kira menempuh waktu 30 menit. Di sana kita dapat melihat patung yang besar yaitu patung dewa wisnu, patung kepala garuda, di sana kita dapat melihat pemandangan yang indah, dan ada beberapa pure. GWK atau Garuda Wisnu Kencana berupa patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Patung ini nantinya setelah selesai akan menjadi patung terbesar dunia dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter dan akan mengalahkan patung Liberty. GWK ini merupakan mahakarya dari seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berada di daerah Bali Selatan tepatnya di bukit Unggasan.
 Krisna (Pusat Belanja)
Setelah itu kita menuju ke tempat perbelanjaan krisna, di sana kita berbelanja sesuai kebutuhan masing – masing murid, di krisna kita berbelanja kira – kira 30-45 menit. Bila anda dating berlibur ke Dewata tidaklah berkesan kalau tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Banyak tempat yang menawarkan hal tersebut dan salah satunya adalah Krisna Bali yang menyediakan berbagai cindera mata khas Bali. Krisna Bali merupakan took yang menawarkan berbagai produk cirri Khas Bali yang menarik berupa beranekaragam bentuk design T-Shirt kartun tentang Bali yang diproduksi sendiri, unik, lucu dan menarik yang tidak ada ditempat lain. Selain itu di Krisna juga terdapat cemilan, kerajinan tangan, bed cover, pernak pernik, dll produk-produk hasil karya para pengrajin Bali, yang tidak kalah bagusnya. Harga barang di Krisna Bali tidak jauh berbeda dengan di tempat lain, seperti di Sukawati. Di Krisna Bali pengunjung yang dating tidak perlu susah-susah menawar, bahanya sedikit bagus dengan pilihan paling banyak.
 Pantai Kuta
Kemudian kita menuju ke pantai kuta di sana kita bisa melihat sun set dan berfoto – foto, untuk menempuh perjalanan sendiri kita butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai disana, namun disana kita tidak bisa langsung ketempat pantai kuta dengan bus, karena sekarang kita turun di parkiran bus dan kesananya menggunakan mobil bus mini yang telah disediakan oleh pengolola tempat wisata dengan pembayaran menggunakan karcis yang telah kita beli, apabila karcis itu hilang kita tidak boleh naik mobil tersebut. Pantai yang paling terkenal di Bali, Wisatawan yang berlibur di Bali tidak akan pernah lupa untuk berkunjung ke pantai Kuta, terutama pada saat matahari akan terbenam. Pantai Kuta merupakan salah satu tempat di Bali untuk melihat panorama terbenamnya matahari selain Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot atau pantai Jimbaran. Dapat kita bayangkan setiap hari terutama pada sore hari pantai Kuta akan penuh dengan wisatawan domestic maupun mancanegara, menantikan matahari terbenam, berenang, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Yang membuat pantai ini juga terkenal adalah ombaknya yang cukup tinggi untuk melakukan olah raga air terutama berselancar (surfing). Tidak heran kalau disepanjang pantai dapat dengan mudah kita menjumpai papan selancar yang disewakan. Anda mau mencoba
 Karang Karunia (Pusat Belanja)
Setalah kita selesai menikmati sunset di Pantai Kuta dan setelah makan kita pergi ketempat wisata belanja lagi sampai malam yaitu Di Karang Karunia. Karang Karunia sendiri adalah pusat oleh-oleh di pulau bali yang didirikan oleh I Gede Wireyasa. Berawal dari studi bandingnya di toko oleh-oleh ia mencoba berbisnis sendiri. Karang Karunia memiliki beberapa cabang, yaitu : 1. Jalan Cargo 99x Denpasar Bali 2. Jalan Gatot Subroto xx Denpasar Bali Di sini bisa diemukan berbagai macam kerajinan dan oleh-oleh lainnya, seperti : lukisan, patung, pakaian anak dan dewasa, bed cover, pernak pernik, batik, dll. Barang-barang tersebut tidak semuanya buatan Bali, melainkan banyak yang dari Pulau Jawa seperi batik. Pasar Karang Karunia lebih murah dibanding pasar lain di Bali. Dengan lahan parkir yang cukup luas dan suasana yang lumayan segar membuat pengunjung merasa nyaman.
Hari Kamis 3 Mei 2012
 Pertunjukkan Tari Barong
Pagi pun menjelang saatnya kita menjelahi Pulau Bali yang terakhir pada hari terakhir ini kita mengunjungi 2 tempat wisata yaitu Tari Barong dan Tanah Lot, kita menemuh perjalan dari hotel sampai di pertunjukan taring barong sekitar 1 Jam, sesampai disana kita mendapatkan selembaran kertas yang di dalamnya tertulis isi cerita dari pertunjukkan Tari Barong tersebut, Tari Barong adalah salah satu tarian bali yang berasal dari khazanah kebudayaan Pra-Hindu. Tarian ini menceritakan tentang pertarungan antara kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Dalam tarian ini wujud kebaikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari dengan kostum binatang berkaki empat, sementara wujud kejahatan dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang menyeramkan dengan dua taring yang sanggat tajam di mulutnya. Biasanya cerita pertarungan antara Barong dan Rangda juga dilengkapi dengan tokoh-tokoh lainnya, seperti Kera (sahabat Barong), Dewi Kunti, Sadewa (anak Dewi Kunti), serta para pengikut Rangda. Tari Barong yang biasa ditampilkan di ada beberapa jenis, di antaranya Barong Ket, Barong Bangkal (babi), Barong Gajah, Barong Asu (anjing), Barong Brutuk, serta Barong-barongan. Namun, di antara jenis-jenis Barong tersebut yang paling sering dijadikan pertunjukan adalah Barong Ket, atau Barong Keket yang memiliki kostum dan tarian cukup lengkap. Jadwal pertunjukan : - Kuta dari pukul 09.00 – 10.00 WITA
 Tanah Lot
Setelah kita puas melihat pertunjukkan yang penuh canda tawa(terlalu saru) kita langsung menuju ke tampat yang paling terakhir yaitu Tanah Lot, Sesampainya disana kita disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa disana terdapat tempat perbelanjaan pantai ,goa, tebing tebing, dan terdapat ular yang menjaga gua yang ada disna, kami sempat penasaran sama ular yang ada disana kami ingin melihatnya, tapi sayang pemandung wisata kami tidak mengantar kami untuk melihat kami unuk melihatnya hati kami merasa menyesal, tapi lebih menyesalnya lagi ada seorang dari teman kami yang tidak bisa masuk ke tanah lot iitu dikarenakan temen kami masih datang bulan, karena bli nyoman pemandu wisata kami berkata “ Wanita yang masih datang bulan dilarang masuk itu dikarenakan disana ada Puri Keramat” Objek wisata Tanah Lot, Bali. Tanah Lot sebuah objek wisata di Bali yang menawrkan keindahan alam untuk melihat matahari terbenam / sunset. Objek wisata tanah lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, ditempuh sekitar 45 menit dari kawasan Kuta. Di sini ada dua pura yang terletak di di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu, apabila air pasang pura ini akan kelihatan dikelilingi air laut dan satunya lagi, tepatnya di sebelah utara Pura Tanah Lot terdapat sebuah pura yang terletak menjorok ke laut dan di atas tebing. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Sad Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura di tengah pantai tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam (sunset), biasanya para tamu akan datang pada sore hari untuk melihat melihat keindahan matahari tenggelam. Mendengar cerita dari Bli Nyoma(Pemandu Wisata Kita ) Menurut Legenda Pura Tanah Lot didirikan oleh didirikan oleh seorang Brahmana dari Jawa yang bernama Danghyang Nirartha yang menganut ajaran Hindu, dan beliau berhasil menguatkan kepercayaan masyarakat setempat untuk tentang ajaran Agama Hindu dan Sad Kahyangan. Bendesa Beraban merasa tersaingi banyak pengikutnya meninggalkannya dan menjadi pengikut Danghyang Nirarta. Kemudian Bendesa menyuruh Danghyang Nirartha pergi meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi tapi sebelum meninggalkan Tanah Lot, dengan segala kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning. Bendesa Beraban merasa takjub dan kemudian menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

KESIMPULANNYA : KAMI KURANG PUAS SAAT STUDY TOUR KEMAREN KARENA KEBANYAKAN SHOOPING TIDAK BANYAK KE TEMPAT WISATA, YANG PALING KAMI SESALI SAAT DI DREAMLAND KAMI BARU SAMPAI DISANA DAN KITA DISANA BELUM PUAS MASIH BEBERAPA MENIT HARUS SELESAI KETEMPAT ITU MANA RASA KEADILAN DAN RASA KEBERSAMAAN, SEHARUSNYA KITA BERANGKAT BERSAMA AGAR SEMUA MERASAKAN JANGAN SALING MENDAHULUKAN , KASIAN JURUSAN AP YANG BARU AJA DATANG KITA SUDAH DISURUH KELUAR DARI DREAMLAND,, KESEMPULANYA KAMI SANGAT SEDIH DENGAN STUDY TOUR INI TIDAK ADA RASA KEBERSAMAAN