KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS (www.amikom.ac.id)

KARYA ILMIAH

LINGKUNGAN BISNIS
“ DAUR ULANG YANG MENGGIURKAN “

 




DISUSUN UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
                    

OLEH   :
DANNY TRI PRASETYA
13.12.7608
S1SI-07

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


ABSTRAK

Karya ilmiah ini dibuat dengan tujuan untuk memberi infomasi kepada pembaca dalam membuat atau menghasilkan uang dengan cara membuat bisnis kecil sebagai peluang usaha yang menguntungkan dan menggiurkan. Dalam karya ilmiah ini, penulis mengelola limbah dari pelapah pisang. Dan bisnis ini membutuhkan skill dan kemampuan yang memadai, jadi pertama siapakan diri kita untuk mau menjalani. Dengan adanya karya ilmiah ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat mengelola limbah pelapah pusang sebagai usaha yang menguntungkan. 





ISI


Daur ulang memiliki manfaat untuk mengurangi penumpukan sampah yang banyak terjadi disekitar keliling kita. Dan bahannya pun mudah unutk dicari dan tidak memerlukan banyak uang. Material yang dibutuhkan adalah dari pelapah pisang.  Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang kini bisa diubah menjadi peluang bisnis baru yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya. Hal ini tentunya menjadi bukti kuat bagi kita bersama, bahwa pada dasarnya memulai suatu usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk juga dengan mengolah limbah pelepah pisang menjadi produk baru yang membawa berkah bagi para pengrajinnya. Misalnya saja kap lampu, kotak tisu, tas pesta, sandal, tempat pensil, boneka lucu, aneka pigura foto yang unik, sampai dikreasikan menjadi karya lukisan kaligrafi. Dari semua jenis pohon pisang yang ada di Indonesia, pelepah pisang yang paling indah seratnya dan memiliki tekstur kuat adalah pelepah pohon pisang kepok, pisang raja dan pisang ambon. Serta tidak semua pelepah pisang bisa dimanfaatkan untuk membuat barang kerajinan. Beberapa perajin biasa menggunakan pelepah pisang susu untuk mendapatkan warna putih atau coklat susu yang bersih. Sedangkan pelepah pisang raja untuk mendapatkan corak yang bagus. Keduanya dipilih karena pelepahnya tidak mudah patah ketika dipakai.

Alat dan Bahan
  1. Pelepah Pisang
  2. Kertas karton (dibuat pola membentuk tabung)
  3. Biji-bijian kering (penghias)
  4. Pensil
  5. Lem dengan daya lekat tinggi
  6. Gunting
Cara Membuat :
  1. Siapkan pelepah pisang yang sudah kering (untuk proses pengeringan bisa dilakukan dengan cara diangin-anginkan), kemudian pelepah pisang ditempelkan pada kertas karton yang sudah dibentuk menjadi tabung.
  2. Proses pengeleman bisa Anda lakukan dengan menggunakan perekat yang cukup kuat, misalnya saja menggunakan lem fox atau membuat lem sendiri dari tepung pati.
  3. Selanjutnya diamkan beberapa menit agar pelepah pisang menempel dengan kuat dan lem yang digunakan telah sepenuhnya mengering.
  4. Bila sudah kering, Anda bisa menghias tempat pensil tersebut dengan menggunakan biji-bijian kering, atau menggunakan hiasan dari tempurung kelapa untuk menambah kesan etnik dan menarik pada produk kerajinan yang Anda buat.
  5. Lumuri tempat pensil dengan cairan melamin agar warnanya lebih mengkilat, lalu keringkan.
  6. Produk siap dikemas dan dipasarkan.

HASIL JADI

tempat pensil
  
tempat tisu



REFERENSI





1 komentar:

setadarunala mengatakan... on 27 Februari 2016 pukul 11.05

Buat yang pengen ngedapetin dollar pake android,
cuma instal app doang bs dpt dollar,.
Caranya:
1. Buka Playstore
2. cari WHAFF REWARD
3. Instal dan jalankan, login menggunakan akun facebook kamu
4. jika suruh masukin kode undangan masukkan AH46277(anda otomatis dapat $0,3 dari kode tsb)
5. instal aplikasi yang di sediakan di whaff yang terdiri dari "pick keberuntungan, pick premium, pick whaff, dan cek kehadiran" lalu kumpulkan uangnya
Minimal penarikan uang $10 untuk paypal, bisa kredit facebook dll
Bisa digunakan untuk beli Gems Clash Of Clans juga loh

bingung? Kunjungi WWW.DARUNALA.TK

Posting Komentar